AELI, Asosiasinya Experiential Learning (EL) Provider Indonesia

Meskipun sudah berusia lebih dari 10 tahun, pengenalan masyarakat terhadap AELI harus diakui masih cukup rendah. Hal ini mungkin karena masih awamnya pengetahuan masyarakat terhadap istilah Experiential Learning. Selain karena kata Experiential (baca: eks-pe-ri-en-si-yal) yang memang sulit untuk diucapkan, istilah Experiential Learning pun masih sangat jarang digunakan.

Untuk memudahkan penyebutan, istilah Experiential Learning akan saya singkat menjadi EL (baca: i-el)

Bila diartikan Experiential Learning (EL) adalah metode belajar yang menekankan pada Proses Belajar dari Pengalaman Terstruktur yang Direfleksikan.

Program pembelajaran yang menerapkan penggunaan metode EL dapat kita sebut sebagai EL Program. Dalam prakteknya, sebuah EL Program harus memenuhi paling tidak 3 unsur berikut, yaitu:

  • Proses Belajar yaitu proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar.
  • Pengalaman Terstruktur yaitu pengalaman yang diberikan dengan batasan-batasan sesuai pencapaian tujuan pembelajaran.
  • Direfleksikan yaitu harus dilakukannya observasi dan refleksi secara sengaja untuk ditarik inti/makna pembelajaran.

Tiga unsur ini yang membedakan EL Program dengan program pembelajaran yang lain. Hal ini juga yang membuat EL Program menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan belajar yang ditetapkan.

Sebuah EL Program menggunakan landasan berpikir bahwa proses belajar yang melibatkan pembelajar secara aktif akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mewujudkan hal tersebut Peserta Belajar atau Pembelajar perlu diberikan Pengalaman Terstruktur yang akan membuat peserta terlibat langsung secara aktif dalam proses pembelajaran. Kemudian pengalaman yang didapatkan tersebut direfleksikan oleh peserta untuk ditarik makna pembelajaran dari pengalaman yang didapatkan.

Penjelasan tentang EL Program memang cukup rumit. Bila ditelaah sepintas dari penjelasan tersebut, EL Program seolah adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang susah, njelimet dan menyeramkan. Padahal kenyataannya adalah sebaliknya.

Memang untuk membuat sebuah EL Program tidaklah mudah, dibutuhkan kompetensi khusus dalam membuat EL Program. Trainer yang paling terkenal sekalipun belum tentu mampu membuat sebuah EL Program. Meskipun seolah njelimet, pada pelaksanaannya, sebuah EL Program adalah pembelajaran yang sangat menantang dan menggugah pemikiran.

Keterlibatan peserta dalam proses belajar membuat peserta memiliki keterikatan (engaged) terhadap proses belajar. Bentuk Pengalaman Terstruktur yang diberikan dalam sebuah EL Program umumnya adalah sebuah hal di luar kebiasaan keseharian peserta sehingga akan memberikan tantangan baru yang memotivasi peserta untuk lebih terlibat dalam pembelajaran.

Pengalaman seperti simulasi, games, role play, petualangan alam bebas dan aktivitas seru lainnya selalu berhasil membuat peserta sangat menikmati proses belajar yang dilakukan.

Proses merefleksikan pengalaman yang dilakukan dengan menekankan pada kemandirian peserta dalam menarik kesimpulan atau makna pembelajaran, membuat peserta tidak merasa digurui, sehingga hasil belajar lebih diyakini dan dapat lebih lama bertahan dalam diri peserta.

Dari penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa EL Program itu adalah sebuah program pembelajaran yang efektif dengan menggunakan pengalaman yang menggugah dan menantang. Untuk membuat program pembelajaran semacam ini tentu bukan perkara mudah. Bagaimana cara membuat belajar yang umumnya dianggap sebagai kegiatan yang monoton dan membosankan, dapat dilakukan secara menarik tapi juga membuat lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran? Dan siapa yang ahli dalam menyediakan kegiatan pembelajaran semacam itu?

Seperti yang saya sampaikan di awal tulisan ini. Untuk membuat sebuah EL Program dibutuhkan sebuah kompetensi khusus. Dan tentunya tidak sembarang pihak yang dapat memberikan layanan semacam ini.

Penyedia layanan program pembelajaran berbasis EL (EL Program) sebenarnya jamak sekali ditemukan di Indonesia. Penyedia layanan EL Program ini lazimnya disebut dengan EL Provider.

Ragam EL Provider di Indonesia sangat beragam seperti Outdoor and Adventure Training Provider, Outbound Games Provider, Team Building Provider, Business Simulation Training, Provider Rope Course, Education Camp Provider, Educational Tour Provider, EL Event Organizer, dan lain lain. Semua nama tersebut jamak disebut sebagai Provider Outbound. Penyederhanaan yang disayangkan karena tidak semua EL Program itu menggunakan Outbound Games dan masing-masing EL Provider memiliki layanan EL Program yang berbeda-beda. Hal ini membuat seolah semua EL Provider itu sama saja. Tapi apa mau dikata, penyebutan ini sudah kadung diamini masyarakat awam, meskipun sudah banyak pengguna jasa EL Provider yang mulai paham dan meminta secara spesifik layanan EL Program.

Kami, EL Provider di Indonesia bergabung membentuk wadah bernama AELI alias Asosiasi Experiential Learning Indonesia. AELI adalah asosiasinya EL Provider di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2007. Hingga saat ini sudah berdiri di 18 Provinsi dan tercatat lebih dari 200 EL Provider tergabung di AELI.

AELI didirikan dengan tujuan untuk memastikan layanan EL Program yang kami berikan benar-benar berkualitas dan mampu memberikan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan belajar yang ditetapkan. Kami merasa perlu untuk bergabung dalam AELI karena kami menyadari bahwa membuat EL Program itu bukan perkara mudah. Definisinya aja susah dipahami, dapat dibayangkan sulitnya membuat EL Program ini.

Mengutip kata-kata dalam Film Dilan agar kekinian, “Membuat EL Program memang berat. Anda tidak akan kuat. Biar kami, para EL Provider yang tergabung di AELI saja yang merasakan beratnya membuat EL Program. Anda tinggal ikut dan merasakan pengalaman mengembangkan diri dengan mengikuti EL Program yang kami rancang”.

Gigih Gesang
Sekjen AELI

0813 813 700 76

Tags:
Belum ada komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Login

atau    

Lupa detail akun ?

Create Account