Sinau Bareng alias SIUNG Ramadhan Edisi Ketiga: Final Project Activities

 

Divisi Litbang dan Diklat DPD AELI DIY pada tanggal 6 Juni 2018 kembali mengadakan acara Sinau Bareng (Siung) ketiga di bulan Ramadhan dengan tema FINAL PROJECT ACTIVITIES. Siung tanggal 6 Juni 2018 ini merupakan rangkaian terakhir dari Siung Ramadhan yang juga diadakan pada tanggal 23 dan 30 Mei 2018. Harapannya adalah satu, melalui Siung ini para peserta akan semakin bertambah wawasan dan ilmunya mengenai Alur Program dalam aktivitas EL terutama menjelang penutupan program. Kedua, Mengetahui fungsi dan peran aktivitas Final Project terkaitalur program dan alur pembentukan kelompok. Ketiga, Mengetahui kekuatan aktivitas Final Project untuk menutup kegiatan dan Keempat, Mengetahui jenis aktivitas apa saja yang bisa digunakan saat Final Project untuk menutup Program EL.

Pada Siung terakhir ini difasilitatori oleh Samuel Gempita Nusa atau biasa dipanggil Samoel. Samoel mulai terlibat secara intensif dalam dunia El dan Outbound sejak 2008. Selain itu Samoel juga pendiri dari Tiap Sudut Organizer. Maka tidak heran jika Samoel dipilih sebagai Fasilitator. Siung kali ini diadakan di salah satu tempat makan di daerah Maguwoharjo bernama Waroeng Moelih nDeso. Alasan dipilihnya tempat ini karena tempatnya mudah dijangkau dan suasananya sangat cocok untuk dilakukan kegiatan Siung.

Total ada 18 peserta yang terlibat dalam acara Siung Ketiga ini. Pesertanya terbagi atas beberapa anggota DPD AELI DIY dan dari umum. Acara Siung ketiga dimulai pukul 13.30 WIB diawali dengan foto bersama dilanjutkan dengan pembukaan dari MC Acara dan Ice Breaking sampai pukul 14.00. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengisian materi mengenai FINAL PROJECT ACTIVITIES oleh Fasilitator. Dimulai dengan pemberian pertanyaan Apa yang dimaksud dengan Final Project Activities?Tujuannya apa? Dan Manfaatnya apa saja?. Kemudian peserta Siung dibagi dalam dua kelompok untuk mendiskusikan pertanyaan tadi. Melalui diskusi kelompok diharapkan akan terjadi komunikasi aktif di tiap-tiap peserta.

Kemudian setelah Materi pertama peserta dipersilahkan untuk istirahat dan beribadah. Setelah itu kemudian dilanjutkan materi Kedua dimana peserta diajak untuk mendiskusikan pembuatan sebuah alur program dan tahap-tahap perkembangan sebuah grup. Dalam pembuatan alur program ini digunakan teori dari Bruce Tuckman yakni Forming, Storming, Norming dan Performing. Secara keseluruhan diskusi dalam Siung ini berjalan sangat menarik dan para peserta sangat terlibat dalam berbagi pendapat masing-masing.

Sinau Bareng kemudian ditutup pukul 17.31 dengan pengambilan kesimpulan dari Fasilitator yang dilanjutkan dengan buka puasa dan pembagian sertifikat. Kebersamaan tampak nyata dengan after event discussion sambil duduk-duduk menimati makanan dan saling gurau antar fasilitator. Diharapkan dengan pengayaan dan silahturahmi seperti ini, kekerabatan semakin erat dan AELI semakin Bersatu dan Berjaya.

Tags:
Belum ada komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Login

atau    

Lupa detail akun ?

Create Account