Tourism Soldier Bangkitkan Pariwisata Indonesia melalui Virtual Experiential Tourism

 

Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) dan Asosiasi Pekerja Pariwisata Indonesia (ASPPI) membuat sebuah terobosan sebagai sebuah upaya untuk membangkitkan pariwisata Indonesia di masa pandemi dengan Virtual Experiential Tourism. Sebuah kegiatan yang bertajuk Virtual Digital Challenge dibuat untuk mengaktivasi para pelaku wisata di seluruh Indonesia untuk kembali bangkit dari situasi pandemi ini.

AELI dan ASPPI menyelenggarakan sebuah kegiatan bersama untuk mengaktivasi sektor pariwisata di masa pandemi. Situasi pandemi ini membuat sektor pariwisata sangat terpuruk, perlu upaya pemulihan pariwisata dengan melakukan sejumlah inovasi dan terobosan, terutama dalam hal pengemasan produk, pemasaran, mencari pasar baru, serta jaminan keamanan dari ancaman COVID-19.

Experiential Tourism adalah salah satu bentuk penerapan Experiential Learning, dimana wisatawan mendapatkan pembelajaran/ makna/insight dengan pengalaman langsung wisatanya. Experiential Tourism melibatkan wisatawan secara aktif dalam aktivitas yang insightful atau pengalaman unik yang memberikan pembelajaran bermakna baik bagi dirinya maupun bagi destinasi wisata. Wisatawan tidak hanya sekedar datang dan melihat-lihat saja.

Menurut Kemenpar terjadi pergeseran orientasi pariwisata sejak tahun 2017, dari wisata massal menuju wisata alternatif atau wisata minat khusus dengan pola wisata yang menekankan kepada aspek penghayatan dan penghargaan lebih terhadap aspek kelestarian alam, lingkungan dan budaya. (enviromentally and cultural sensitives). Perilaku wisatawan telah bergeser ke arah Experiential Tourism. Hal ini sudah disadari oleh para pelaku wisata di Indonesia. Namun, pandemi mengharuskan untuk berinovasi agar Experiential Tourism ini dapat tetap dilaksanakan.

Salah satu bentuk inovasi produk pariwisata adalah dengan mengemasnya secara virtual. Kebutuhan masyarakat untuk tetap bisa refreshing, jalan-jalan dan liburan di masa pandemi ini dapat dijawab dengan bentuk produk wisata virtual. Anggota AELI yang terdiri dari Provider Program Experiential Learning se Indonesia telah melakukan inovasi untuk mengemas program Experiential Tourism secara Virtual.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang anggota ASPPI dari seluruh Indonesia. Dalam kesempatan ini bang Safor selaku Ketua Umum DPP ASPPI menyatakan bahwa inovasi produk wisata eksperiensial seperti yang dibuat oleh anggota AELI ini merupakan sebuah peluang bagi kebangkitan pariwisata Indonesia.

Kolaborasi antara DPP AELI dan ASPPI dalam acara ini diharapkan dapat menjadi momen untuk turunan kerjasama antara anggota AELI dan ASPPI di seluruh Indonesia dalam upaya untuk membangkitkan kembali pariwisata Indonesia.

 

AELI Bersatu Berjaya

Sekjen DPP AELI 2019-2021

Gigih Gesang, S.Psi

 

 

 

 

 

Tags:
Belum ada Komentar

Tinggalkan Komentar :

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account