Ketika Musim “Panen” Sepertinya Sudah Dimulai

Dalam masyarakat agraris sifat sabar itu seperti sebuah nafas kehidupan. Karena alam telah mengajarkannya bahwa sesuatu yang akan di dapat itu perlu waktu, usaha yang keras dan tidak mengenal menyerah.  Untuk mendapatkan sebuah masa panen maka diperlukan terlebih dahulu masa tanam.  Untuk mendapatkan hasil panen maka diperlukan usaha untuk menanam dan merawatnya.  Dan begitulah secara umum pola untuk “berakit rakit ke hulu berenang – renang ketepian tersebut” di jalankan.

Setelah dua periode kepengurusan DPP AELI “sepi” dari aktivitas dan dimulainya kepengurusan “generasi” kepengurusan yang ke 3 yang sudah mulai bangun dari tidurnya awalnya hanya seperti masa “bulan madu” yang hanya sesaat.  Setelah berjalannya waktu dengan berbagai “hinggar binggar dan hiruk pikuknya” generasi ke 3 kepengurusan DPP AELI sudah mulai memasuki masa “panen”.

Berbagai upaya sudah diusahakan, berbagai program juga sudah dijalankan mulai dari yang hanya sekedar “ngobrol dan ngosip” tentang adanya juga masalah politik, menerbitkan “mini” bulletin yang alhamdulillah hingga kini baru satu kali terbit, melakukan pembentukan DPD diberbagai daerah hingga akhirnya melakukan pertama kali sertifikasi profesi.

Sertifikasi sepertinya terbuat dari semacam benda yang mengandung “magnet” karena sejak diadakannya sertifikasi yang pertama, para “pertapa, pendekar” dan bahkan “hulubalang” outbound mulai “tertarik” dan penasaran dengan berita tersebut.  setengah percaya dan setengah tidak percaya mereka harus melakukan cek dan re-cek kebenaran berita tersebut.  Dan manakala berita tersebut adalah bukan isapan jempol belaka, mereka akhir sibuk mencari informasinya. Sertifikasi ? dimana…..dimana ? kemana…..kemana ?
Itulah yang kami maksudkan masa “panen” telah tiba.  Saatnya temen – temen DPD untuk mulai merapatkan barisan untuk bukan hanya sekedar menjadi “petugas partai” AELI tetapi harus menjadi pengemban amanat AELI.  Siapkan semua hal yang berkaitan dengan berkas administrasi untuk penerimaan anggota. Persiapkan workshop awal untuk menjelaskan kepada para anggota baru tentang apa dan bagaimana AELI dan siapkan semangat positif untuk membangun dan memperkuat DPD nya dengan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya yang lebih baik.

Memang kalau dari jumlah DPD yang ada saat ini lebih dari yang ditargetkan tetapi kalau bicara tentang kwalitas masih banyak catatan.  Beberapa DPD masih terkesan “sepi- sepi saja”, program kerja sudah dibuat tetapi pelaksanaan program masih belum berjalan. Bahkan mungkin ada juga yang sama sekali belum mempunyai program kerja ( mungkin temen temen masih terlalu sibuk dengan kegiatan utamanya }.  Bagaimanapun juga amanat yang sudah diberikan kepada ( terutama) temen temen yang telah ditunjuk sebagai ketua DPD harus dijalankan dan diemban.  Akan menjadi “kenangan terindah” pastinya kalau hal itu bisa dijalankan dan menjadi sebuah “karya “ besar yang bisa meggerakkan dan menginspirasi para penggiat EL di mananapun berada. Tetapi sebetulnya kalau kita sadar kita sedang “dipersimpangan jalan”.  Antara uforia dan “bangun” dari tidur.  Kita bisa salah jalan tetapi kita bisa juga mengambil jalan yang benar.

Ada beberapa catatan untuk menghadapi “masa-masa” seperti ini.  Yaitu Kita jangan berlomba-lomba menjadi “pahlawan” tetapi menjada sahabat.  Kita tidak mendisain untuk mendapatkan “pujian” tetapi sebaiknya kita menguatkan niat untuk saling mengerti dan memahami karena kita harus sadar bahwa “buku yang kita baca ada yang berbeda, pengalaman dan “guru kita juga tidak sama bahkan “jam terbang” kita pun ada yang menganggapnya penting tetapi ada juga mengganggapnya biasa saja.  Tetapi yakinlah bahwa kalau niat kita bisa “menjaga” kebersamaan insya allah masa panen ini menyenangkan untuk hari ini dan masa depan AELI.

Mari sambut masa panen ini dengan suka cita dan selalu optimis untuk terus bersatu dan berrjaya membangun dan mengembangkan AELI.

Ditulis oleh : Agoes Susilo JP – Kabid Organisasi & Keanggotaan DPP AELI

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Login

atau    

Lupa detail akun ?

Create Account