Outbound Tapi Bukan Team Building

Lagi-lagi, ini sudah kesekian kali saya dapat permintaan yang cukup merisaukan hati. Sebuah permintaan yang menantang strategi bisnis Duage saat ini yang mencoba mendiferensiasi layanan agar mampu bersaing di industri Experiential Learning (EL) Provider yang sudah sangat menantang ini.

Bagaimana tidak. Ini sudah klien ke sekian yang minta secara spesifik program outbound tapi bukan Team Building. Sedangkan sejak setahun berjalan ini Duage sudah menetapkan diri untuk jadi Provider Spesialis Team Building Terlengkap Pertama dan satu-satu nya (sampai tulisan ini dibuat) di Indonesia. Kami tidak membuat program outbound. Kami ‘hanya’ membuat dan menjual Team Building Program. Tapi ada sebagian klien yang menyatakan mereka tidak mau program Team Building. Bukankah itu sebuah situasi yang merisaukan?

Saya mencoba menggali lebih jauh tentang maksud permintaan Outbound tapi bukan Team Building itu. Saya bertanya bagaimana gambaran kegiatan yang dimaksud? Jawaban yang muncul dari semua klien yang meminta hal tersebut adalah mereka ingin mengadakan Outbound tapi bukan berupa permainan Team Building seperti yang selama ini pernah mereka ikuti sebelumnya. Mereka bosan permainannya itu-itu saja seperti spider web, people to people, how long can you go, candle atttack, dan lain-lain.

Oke, permasalahan pertama terjawab. Berarti mungkin saja tujuan dari klien untuk mengadakan Outbound ini bukan untuk pengembangan Tim tapi pengembangan personal. Maka saya lanjut ke pertanyaan kedua. Apa tujuan dari mereka mengadakan outdound ini? Jawaban yang saya terima kurang lebih dapat disimpulkan bahwa mereka berharap dengan mengadakan outbound karyawan mereka memiliki rasa kebersamaan, rasa kekeluargaan, saling percaya satu sama lain, komunikasi antar anggota kelompok lebih baik, munculnya keinginan untuk bekerja sama secara efektif dan segala tujuan lain untuk pengembangan kelompok mereka. Tujuan yang lebih kurang sama dengan yang ditawarkan oleh program Team Building.

Dari penjelasan tersebut saya menyampaikan bahwa sebenarnya tujuan dari kegiatan Outbound yang mereka maksud adalah untuk pengembangan Tim. Tujuan yang bisa didapat dari Program Team Building. Ternyata yang menyebabkan adanya permintaan Outbound tapi bukan Team Building adalah adanya perbedaan persepsi di klien-klien tersebut mengenai Outbound dan Team Building. Syukurlah tidak seperti yang saya khawatirkan yaitu klien benar-benar tidak menginginkan program Team Building yang bisa jadi akan membuat saya merubah kembali strategi bisnis Duage.

Tapi pengalaman ini juga memberikan insight bahwa pemahaman masyarakat terhadap Outbound dan Team Building serta pernedaan keduanya perlu diluruskan. Istilah Outbound saat ini memang multitafsir. Polemik soal arti Outbound bahkan sudah mengemuka sejak 1 dekade ke belakang.

Ada yang bilang istilah Outbound itu salah kaprah. Ada yang menganggap Outbound itu singkatan dari Out of Boundaries yaitu semua kegiatan di luar kebiasaan sehari-hari yang menantang pesertanya untuk keluar dari zona nyaman dan batasan-batasan yang dimilikinya. Ada yang tahunya Outbound itu ya hanya games-games saja. Ada yang menganggap Outbound itu Flying Fox dan segala permainan tali tinggi (rope course). Kalau guru TK menganggap kegiatan Outbound itu adalah mengajak anak didiknya untuk keluar kelas belajar di alam dengan bercocok tanam, menangkap ikan, main flying fox dan segala kegiatan di luar kelas lainnya.

Saya tidak ingin berdebat mengenai mana pemahaman mengenai Outbound yang paling benar. Menurut saya semua pemahaman klien itu benar karena klien adalah raja. Selama kita mampu memberikan program yang sesuai dengan ekspekatasi klien, saya rasa tidak ada masalah. Tapi pemahaman terhadap Outbound yang sangat beragam ini memang kadang menyulitkan baik bagi pengguna maupun penyedia jasa Outbound.

Bila kita telaah dan cocokkan pemahaman yang umumnya ada di masyarakat dengan beberapa sumber bacaan, yang dimaksud dengan Outbound itu adalah Outdoor Based Learning Program. Program pembelajaran dengan kegiatan luar ruang yang menggunakan metode Experiential Learning dan Pembelajaran Orang Dewasa (andragogy). Layaknya sebuah program pembelajaran, Outbound juga memiliki tujuan pembelajaran. Bila dikategorikan, umumnya program Outbound ini memiliki dua kategori tujuan utama yaitu People Development dan Team Development.

Outbound dengan tujuan untuk Team Development inilah yang umumnya disebut dengan Team Building. Maka bila ada yang meminta program Outbound tapi bukan Team Building asumsi saya yang diminta adalah program untuk People Development seperti Leadership skills, Selling skills, Supervisory skills dan lain-lain.

Tadinya saya mau menolak permintaan tersebut, tapi ternyata yang dimaksud oleh klien saya adalah program Team Building tapi bukan dengan kegiatan Outbound yang begitu-begitu saja. Tentu saja tidak jadi saya tolak. Saya beritahukan saja kalau mereka datang ke tempat yang tepat karena Duage punya beragam program Team Building tapi bukan Outbound Games yang itu-itu saja.

Ya, sekarang ini Duage hanya khusus membuat program Team Building. Kami ingin menjadi Team Expert dengan spesialisasi layanan Experiential Learning untuk Team Building Program.

After all, every business success is start and end with the Team. We want to be partner for our client so their business can succeed. So we provide Team Building Program. It’s simple math isn’t it?

Duage berusaha untuk dapat memberikan semua kebutuhan Team Building Program bagi perusahaan. Mulai dari sekedar program Fun yang menyediakan beragam Team Activity,  Organizing acara perusahaan agar menjadi sebuah Team Event, menyediakan paket jalan-jalan dengan balutan Team Journey, sampai dengan program serius seperti training, coaching dan konsultasi SDM untuk Team Development. All in one Team Building Solution lah. Lengkapnya silahkan cek di sini 

Team Building Program memang selama ini dimaknai hanya sebatas permainan-permainan outbound saja. Padahal bentuk Team Building Program sangat beragam. Program untuk membentuk Jajaran Direksi yang Solid dengan pemahaman bersama terhadap Strategi bisnis dan Rencana Eksekusi yang tepat juga merupakan sebuah program Team Building.

Edukasi kepada masyarakat terutama perusahaan yang menjadi target klien Duage mengenai program Team Building memang perlu dilakukan secara berkala. Nantikan tulisan saya yang lain yang akan membahas mengenai program Team Building dan kaitannya dengan peningkatan performa bisnis perusahaan Anda.

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Login

atau    

Lupa detail akun ?

Create Account