AELI tambah 5 orang Asesor Kompetensi Kepemanduan Outbound / Fasilitator EL

AELI tambah 5 orang Asesor Kompetensi

Pada tanggal 5-10 April 2018, Kemenpar melalui BNSP dan LSP Pramindo mengadakan Workplace Assessor Training (WPA) untuk mencetak Asesor Uji Kompetensi.

Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi harus dilakukan dengan baik dan benar agar menjamin kualitas dan mutu. Sehingga tidak hanya terkesan melakukan formalitas Sertifikasi alias hanya sekedar bagi-bagi sertifikat.

Untuk menjamin hal itu, LSP Pramindo bekerjasama dengan Asosiasi Profesi untuk mengirimkan calon asesor peserta pelatihan WPA. Dalam pelaksanaan kali ini LSP bekerjasama dengan AELI, APGI (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia), ASTAGA (Asosiasi Wisata Goa), FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) dan Asosiasi Ekowisata. Asosiasi diharapkan menjadi pihak yang paling mengerti tentang anggotanya dan dapat merekomendasikan calon asesor yang sesuai dengan kebutuhan.

AELI dalam merekomendasikan anggotanya sebagai calon asesor juga melakukan tahapan pemilihan yang tidak sebentar. Proses yang dilakukan memakan waktu beberapa bulan. Beberapa tahapan dilakukan seperti meminta rekomendasi dari seluruh DPD, rekomendasi dari DPP, pertimbangan dari Dewan Penasihat DPP hingga rekomendasi dari Asesor AELI yang lain.

Dari rekomendasi yang diterima DPP AELI terkumpul 24 nama calon asesor dari seluruh Indonesia. 24 orang anggota AELI yang secara kualitas dan kompetensi sangat mumpuni. Antusiasme rekan-rekan yang tinggi untuk menjadi asesor merupakan bukti nyata AELI sangat concern terhadap pengembangan kualitas dan kompetensi praktisi EL di Indonesia.

Namun, kuota peserta pelatihan WPA yang sangat terbatas membuat pemilihan kandidat yang akan direkomendasikan AELI menjadi sangat sulit. Semua rekomendasi nama calon asesor yang masuk adalah anggota pilihan dan memiliki kompetensi yang baik. Memilih 5 nama dari 24 orang itu bukan perkara mudah. Dengan segala pertimbangan dan tahapan yang dilakukan akhirnya terpilih 5 nama yang direkomendasikan AELI untuk mengikuti Pelatihan calon Asesor yaitu Daja Pamilu Arsa Putra, Dian Wibowo Utomo, Irwan Ramelan, Ponco DH Hediarto, Widianto Soekarnen. Lima orang itu dinilai kandidat yang paling tepat untuk mengikuti pelatihan calon asesor kali ini.

Menjadi Asesor Kompetensi tidak hanya membutuhkan kompetensi teknis tapi juga harus menguasai kompetensi menjadi Asesor. Paling tidak ada 3 kompetensi utama Asesor Kompetensi antara lain: Merencanakan dan Mengorganisasikan Asesmen, Mengembangkan Perangkat Asesmen, Melakukan Asesmen Kompetensi.

Dalam Mengembangkan Perangkat Asesmen, Asesor dituntut untuk dapat membuat pertanyaan yang mampu membuat peserta menunjukkan Kriteria Unjuk Kerja hingga membuat Pedoman Penilaian dari jawaban yg mungkin dilontarkan oleh peserta.

Pertanyaan itu harus mencakup 5 dimensi kompetensi yaitu Task Skill, Task Management Skill, Contingency Management Skill, Job/Role Environtment Skill dan Transfer Skill. Sebuah tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan bagi asesor. Oleh karena itu keseriusan dalam mengikuti pelatihan calon asesor mutlak diperlukan.

Dalam pelaksanaan pelatihan WPA, nama-nama yang direkomendasikan AELI telah menunjukkan keseriusannya dalam mengikuti pelatihan. Calon asesor dari AELI adalah pihak yang paling siap dalam mengikuti pelatihan WPA, pernyataan ini diberikan oleh Master Asesor yang menjadi penanggungjawab pelatihan WPA ini.

Para calon asesor dari AELI berupaya melaksanakan setiap tahapan pelatihan dengan penuh keseriusan bahkan hingga larut malam. Semoga saja kerja keras dan upaya ini membuat calon asesor dari AELI lulus dalam Ujian Sertifikasi Asesor Kompetensi dan berhasil menjadi Asesor Kepemanduan Outbound/ Fasilitator EL yang kompeten sehingga dapat menjamin kompetensi peserta Uji Kompetensi Kepemanduan Outbound/ Fasilitator EL.

Sekali lagi selamat bertugas kepada 5 orang asesor baru Sertifikasi Kompetensi Kepemanduan Outbound/ Fasilitator Experiential Learning. Semoga tanggung jawab ini dapat semakin menambah sumber daya AELU dalam mencapai Visi dan Misi nya yaitu meningkatkan kualitas dan kompetensi provider dan praktisi Experiential Learning di Indonesia

Tags:
Belum ada komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Login

atau    

Lupa detail akun ?

Create Account