Kaleidoskop AELI 2018

Beberapa hari ke depan kita akan memasuki tahun 2019. Beberapa hari lagi, tahun 2018 akan berganti. Saya rasa ini saat yang tepat untuk kita melihat kembali perjalanan AELI selama satu tahun ini.

Perjalanan kepengurusan AELI tahun 2018 diawali dengan Rapat Pengurus DPP AELI yang dilaksanakna tanggal 26-27 Januari 2018 di Gunung Geulis Campsite, Gadog. Rapat Pengurus DPP awal tahun ini dilakukan untuk evaluasi tahun 2017 dan menetapkan fokus kerja di tahun 2018. Salah satu langkah awal yang akan dilakukan DPP di tahun 2018 adalah melaksakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) AELI 2018.

Di penghujung tahun 2017, terlaksana gelaran Indonesian Fasel Festival alias Festival Fasilitator EL se Indonesia yang diadakan di Bale Bambu Ciwidey, Bandung. IFF ini bisa dibilang lebarannya para Fasel. Acara ini digagas sebagai acara silaturahmi Akbar para Fasel yg merupakan ujung tombak Program Experiential Learning.

Meskipun IFF dilaksanakan di tanggal 19-20 Desember 2017, karena berada di penghujung tahun, ada baiknya kita melihat gelaran IFF ini sebagai pembuka rangkaian kegiatan AELI di tahun 2018.

Kegiatan AELI berlanjut pada Gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) AELI 2018 yang diadakan pada tanggal 1-2 Maret 2018. Tuan rumah Rakernas tahun 2018 ini adalah DPD DKI Jakarta. Saya pribadi selaku Sekjen AELI dan mewakili seluruh Pengurus DPP mengucapkan rasa terima kasih yang sangat besar atas upaya DPD DKI untuk menyelenggarakan acara Rakernas dengan perencanaan yangu matang, pelaksanaan yang baik dan unsur-unsur kejutan Experiential Activity yang sangat berkesan.

Pelaksanaan Gala Dinner yang berkelas, unsur Experiential Activity dengan menggunakan Bus TransJakarta dan Bus Tingkat Wisata serta eksplorasi Kota Tua sebagai ikon wisata kota DKI membuktikan kapasitas pengurus DPD DKI Jakarta sebagai rumahnya para Provider EL jempolan DKI Jakarta dalam merancang acara secara epik dengan membuat atraksi serta daya tarik wisata unik daerahnya menjadi sebuah aktivitas Experiential yang berkesan.

Gelaran Rakernas AELI 2018 menjadi bukti nyata bagaimana Provider EL memiliki keunggulan lebih dalam merancang sebuah event/acara.

Rakernas tahun 2018 ini adalah momen penuh makna untuk Konsolidasi seluruh jajaran pengurus AELI se-Indonesia agar semakin memberikan manfaat lebih bagi anggota dan perkembangan EL di Indonesia.

Beberapa keputusan Rakernas ini antara lain, disahkannya Mars AELI sebagai lagu wajib organisasi, perlunya perapihan Peraturan Organisasi untuk semakin menguatkan kinerja organisasi dan keputusan penting yang menjadi landasan kerja AELI sepanjang tahun 2018 adalah penguatan fokus untuk mewujudkan amanah RUAN AELI 2016 yang belum terlaksana. Fokus kerja AELI sepanjang tahun 2018 adalah melaksanakan keputusan Rakernas ini.

Sebelum Rakernas dilaksanakan, beberapa kegiatan skala daerah juga dilaksanakan oleh pengurus DPD AELI antara lain Seminar merancang program “Outbound” yang dilakukan oleh DPD AELI Jawa Barat pada tanggal 30 Januari 2018 di Hotel Grage Kuingan. Acara ini juga dilakukan juga sebagai upaya menginisiasi berdirinya pengurus Regional Kuningan, Cirebon dan sekitarnya. Antusiasme belajar dari penggiat EL di Kuningan ini sangat tinggi dibuktikan dengan jumlah peserta hingga 150 orang.

Tidak lama berselang, pada tanggal 1 Februari 2018, Pengurus DPD AELI Yogyakarta melakukan Rapat Kordinasi Pariwisata dengan Forum Komunikasi Desa Wisata, Pokdarwis, Optima UGM dan Dinas Pariwisata Sleman. Dalam rapat kordinasi ini, harapan akan peran AELI khususnya DPD AELI DIY dapat semakin optimal dalam pengembangan kapasitas Desa Wisata di Sleman khususnya dan DIY pada umumnya.

Pada tanggal 20 Februari 2018 DPD AELI Banten mengadakan one day workshop “Amazing Ice Breaker” di Lubana Sengkol. Workshop yang sangat interaktif ini memberikan bekal kepada Fasel untuk mampu membuat aktivitas dan simulasi Ice Breaking yang menarik untuk menumbuhkan minat dan semangat peserta untuk mengikuti program EL. Peserta yang mencapai lebih dari 50 orang ini sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan.

Beberapa hari sebelum pelaksanaan Rakernas, DPD AELI Jawa Timur mengadakan dua kegiatan sekaligus yaitu memfasilitasi “Piknik Jagoan” bagi anak-anak penderita kanker pada tanggal 24-25 Februari 2018 dan Workshop Rope Course pada tanggal 26-27 Februari 2018 di Taman Botani Sukorambi. Pengetahuan dan keahlian dalam bidang rope course merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh fasilitator EL. Acara workshop ini adalah salah satu upaya dari DPD AELI Jatim untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi anggotanya.

Kejutan datang dari DPD AELI Sulawesi Selatan, menyambut gelaran Rakernas AELI 2018, DPD AELI Sulsel membuka awal kepengurusan dengan acara Kick Off Program Kerja AELI Sulsel. Momen ini dibuat dengan unik dan menarik. Seluruh pengurus DPD AELI Sulsel berlayar menggunakan Perahu Pinisi dan kemudian menyelam untuk mengibarkan bendera AELI di kedalaman laut.

Salah satu hasil dari Rakernas AELI 2018 adalah tumbuhnya semangat untuk mendirikan kepengurusan AELI di berbagai daerah lain. Salah satu daerah yang hadir sebagai peninjau dalam Rakernas AELI 2018 dan akhirnya mempercepat gerak untuk mendirikan DPD AELI adalah Kalimantan Selatan. Pada tanggal 17-18 April 2018 terlaksanan Deklarasi dan Pengukuhan pengurus DPD AELI Kalimantan Selatan sebagai DPD AELI yang ke 18.

Pada bulan Mei 2018, DPD AELI Jatim melanjutkan rangkaian acara peningkatan kompetensi anggota dengan mengadakan Workshop Emergency First Aid & Basic Fire Fighting yang diadakan pada tanggal 7-8 Mei 2018 di Coban Rondo.

DPD AELI Yogyakarta melaksanakan Orientasi dan Pelantikan Anggota baru pada tanggal 10 Mei 2018. Pelantikan ini langsung dilanjutkan dengan rangkaian workshop sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi anggota AELI di Yogyakarta. DPD AELI Yogyakarta menggunakan momen bulan Ramadhan dan mengisinya dengan rangkaian workshop yang diberi nama Siung alias Sinau Bareng.

Siung dilakukan setiap hari Rabu sepanjang bulan Ramadhan yang ditutup dengan buka puasa bersama. Sebuah momen yang sangat bermanfaat untuk peningkatan kompetensi sekaligus mempererat tali silaturahmi anggota DPD AELI Yogyakarta. Tema Sinau Bareng ini adalah Ice Breaking Big Group tanggal 23 Mei, Team Building Games tanggal 30 Mei dan Final Project Activity tanggal 6 juni 2108.

Momen bulan Ramadhan ini juga digunakan oleh DPD lain untuk berkegiatan antara lain pelaksanaan Orientasi Anggota DPD AELI DKI Jakarta dan Buka Bersama sekaligus workshop Hospitality & Quality Service in Tourism Industry yang diadakan oleh DPD AELI NTB. Kedua acara ini dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 25 Mei 2018.

Ketua Harian DPP AELI, Nurfahmi alias Bang Jaung memanfaatkan momen Ramadhan untuk melakukan roadshow ke beberapa daerah untuk Roadshow to Indonesia EL Conference.

Kunjungan inu juga bertujuan menumbuhkan motivasi dan semangat pengurus DPD AELI untuk semakin menggiatkan roda kepengurusan. Kegiatan roadshow dimulai dari DPD Sumatera Utara pada tanggal 31 Mei 2018 dan dilanjutkan ke DPD Sumatera Barat pada tanggal 5 Juni 2018.

Bulan Juni adalah bulan istimewa bagi AELI karena pada tanggal 9 Juni tahun 2007 AELI berdiri. Dalam momen perayaan 11 tahun AELI berdiri, DPP AELI mengadakan syukuran di Sekretariat AELI, Kalibata. Acara syukuran diisi dengan pembagian santunan bagi anak yatim dan Diskusi perjalanan AELI di kepengurusan ini dan rencana perkembangan AELI di masa depanm

Pada saat yang sama, DPD AELI Jatim juga melakukan syukuran peringatan 11 tahun AELI dengan mengadakan buka bersama anggota AELI Jatim dan santunan kepada anak yatim. Momen 11 tahun berdirinya AELI ini diharapkan dapat menjadi momen AELI untuk semakin memberikan manfaat bagi anggota dan tentunya bagi perkembangan Experiential Learning di Indonesia.

Setelah Idul Fitri, kegiatan AELI pertama kali dilakukan dengan kunjungan Ketua Harian AELI ke DPD AELI Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2018 bertempat di Tongkrongan Danims. Hal ini selain sebagai bentuk pendampingan DPP AELI kepada pengurus DPD, momen ini juga dilakukan sebagai upaya untuk Road to Indonesia EL Conferences yang akan menjadi gelaran akbar AELI di penguhujung kepengurusan periode ini.

Satu hari setelahnya yaitu pada tanggal 26 Juni 2018, DPD AELI Yogyakarta mengadakan Workshop Teknik Fasilitasi “7 Generasi Fasilitasi” yang diadakan pada tanggal 26 Juni 2018 di Omah Kecebong Sleman. Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para Fasel di Yogyakarta untuk melakukan Debriefing, sebagai sebuah keterampilan penting dalam pelaksanaan Program Experiential Learning.

Pada bulan Juli, tepatnya tanggal 21-22 Juli 2018, DPD AELI Sumatera Barat mengadakan workkshop Amazing Ice Breaker untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan kompetensi anggota AELI Sumatera Barat dalam memandu Program EL terutama dalam melakukan Ice Breaking. Workhsop yang sangat interaktif dan penuh dengan praktik ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi angggota AELI di Sumatera Barat.

Tidak lama berselang, tepatnya tanggal 24 Juli 2018, Dewan Pengurus Pusat AELI mengadakan rapat pengurus tengah tahun sebagai upaya evaluasi dan konsolidasi jajaran pengurus DPP untuk melanjutkan program kerja tahun 2018.

Tanggal 1-3 Agustus 2018, EL Preneur Indonesia menggelar acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) EL Preneur Indonesia yang diadakan di Lombok. Acara ini adalah ajang silaturahmi akbar para pengusaha dan pemilik Provider EL se Indonesia. Acara yang dikemas sangat menarik dan luar biasa oleh seluruh panitia acara, sekali lagi menjadi bukti kapasitas para provider EL dalam merancang dan mengorganisir acara dengan balutan Experiential Activity sehingga menjadikan acara sangat meriah, mewah, berkesan dan tentu saja syarat makna pembelajaran Experiential.

Gelaran Kopdarnas kali ini sayangnya bertepatan dengan bencana gempa yang mengguncang Nusa Tenggara Barat. Tidak lupa para EL Preneur langsung bergerak untuk memberikan bantuan bagi warga yang terdampak bencana.

Bulan September adalah bulannya Ukom alias Uji Kompetensi dan Sertifikasi Profesi Fasilitator Experiential Learning. Pada tahun 2018 ini AELI mendapatkan jatah subsidi pelaksanaan Ukom untuk 150 orang. Pada tahun ini daerah yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Ukom ini adalah Yogyakarta, Jawa Barat dan Banten.

Uji Kompetensi di Yogya dilaksanakan pada tanggal 4 September 2018. Di Jawa Barat Workshop persiapan Ukom dilakukan tanggal 4-5 dan Uji Kompetensi pada tanggal 6 September 2018. Sedangkan di Banten Ukom Batch 1 untuk Workshop tanggal 10-12 September dan Uji Kompetensi 13-14 September 2018. Dan untuk Batch 2 Workshop dilaksanakan tanggal 19-20 September dan Uji Kompetensi tanggal 21 September 2018.

Gelaran Ukom dilanjutkan di bulan Oktober yang diselenggarakan di Jawa Tengah pada tanggal 21-24 Oktober 2018. Sebelum Ukom dilakukan terlebih dahulu Orientasi dan Pengukuhan anggota baru DPD AELI Jateng yang diadakan pada tanggal 11 Oktober 2018.

Bulan Desember adalah bulan yang tepat untuk kordinasi dengan stakeholder AELI. Beberapa pengurus DPD AELI seperti DKI, Sumbar, NTB dan DIY mengikuti berbagai acara Dinas Pariwisata untuk semakin menguatkan posisi AELI dalam memberikan nilai tambah bagi Industri Pariwisata Nasional.

Dewan Pengurus Pusat AELI jg hadir sebagai peserta dalam Rapat Kordinasi Industri Pariwisata yang diadakan oleh Kemenpar. Keikutsertaan dalam acara ini juga semakin membuka mata pelaku industri wisata Indonesia akan keberadaan Industri Experiential Learning dan sumbangsihnya dalam perkembangan Pariwisata Indonesia.

Pada penghujung tahun 2018 ini terlaksana Musyawarah Daerah (Musda) di 2 Provinsi sekaligus dan pada waktu yg hampir bersamaan. Musda DPD Sumut dilakukan pada 17 Desember 2018 yang memberikan mandat kepada Ali Wardhana Ginting sebagai Ketua DPD AELI Sumut periode 2018-2021. Musda Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 18 Desember yang memberikan mandat kembali kepada Kusworo Rahadian untuk menjabat sebagai Ketua DPD AELI Jawa Tengah untuk yang kedua kali nya.

Pada waktu yg hampir bersamaan tepatnya pada tanggal 21 Desember 2018, DPD AELI Bali mengadakan Rakerda untuk membicarakan evalusi program 2018 dan rencana program 2019. Dan pada tanggal 22 Desember, DPD AELI DKI Jakarta mengadakan Year End Gathering sebagai ajang silaturahmi anggota AELI DKI Jakarta. Acara ini jg diisi dengan kegiatan Fun Orientering yg jg dapat menjadi Experiential Activity dalam Program EL.

Perjalanan AELI di tahun 2018 ditutup dengan respon bencana gelombang besar (tsunami) di Selat Sunda. Rekan-Rekan Pengurus DPD Banten mendirikan posko untuk para penyintas bencana di lokasi bencana. Rombongan rekan-rekan DPD Jabar dan DIY pun turut serta terjun langsung mengulurkan tangan bagi saudara kita yang terkena musibah. Tentu saja hal ini jg bisa terlaksana berkat donasi dari rekan2 AELI yang lainnya juga.

Meskipun dalam suasana duka akibat bencana, AELI dapat menutup perjalanan di tahun 2018 ini dengan perbuatan baik yang diharapkan dapat membantu meringankan beban sesama.

Semoga perjalanan AELI di tahun 2019 nanti dapat lebih baik dari tahun ini sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi anggota nya pada khususnya, dan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Salam EL
GIGIH GESANG
Sekjen DPP AELI
0813 813 700 76

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Login

atau    

Lupa detail akun ?

Create Account