Audiensi DPD AELI Bali ke Dinas Pariwisata Kota Denpasar

Audiensi Pengurus AELI DPD Bali ke Dinas Pariwisata Kota Denpasar

Hari ini, 6 November 2017, DPD AELI Bali melakukan audiensi ke Dinas Pariwisata Kota Denpasar. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen AELI untuk menunjang pengembangan Experiential Learning Program (ELP) di Indonesia.

EL Program sangat erat kaitannya dengan sektor pariwisata karena karakter pelaksanaan EL Program di Indonesia acap kali menggunakan lokasi wisata yang memang merupakan salah satu sektor unggulan Indonesia, terutama Bali.

Bali yang sudah sangat dikenal dengan kekayaan wisata alam dan budayanya, memiliki modal yang besar untuk kreativitas pelaksanaan EL Program. Segala macam aktivitas petualangan alam dan kekayaan budaya Bali dapat menjadi unsur untuk merancang EL Program yang menarik, kreatif dan tentu saja memiliki nilai pembelajaran bagi peserta.

Experiential Learning Program (ELP) adalah Program Pembelajaran Berbasis Pengalaman (PBP) yang menekankan pada keterlibatan penuh peserta belajar untuk menggali, memahami dan memaknai aktivitas pembelajaran yang dilakukan sehingga dampak pembelajaran bertahan lebih lama dalam diri peserta. Karakteristik utama dari EL Program adalah adanya aktivitas yang dipilih secara hati-hati dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran serta aspek lain seperti keamanan dan keselamatan.

Aktivitas yang cukup baik untuk digunakan dalam EL Program adalah atraksi wisata dan budaya, hal yang merupakan keunggulan Bali dan Indonesia.

Pada kesempatan audiensi kali ini, DPD AELI Bali yang diwakili oleh Ketua DPD Bali saudara M. Ichsan Sogalrey, Sekretaris Bayu Rianthara, Kabid Humas I Putu Era Sambawan, serta Dewan Penasehat Yudhi Irawan dan Ruly Anthony Klavert memperkenalkan Latar Belakang, Tujuan, Visi Misi serta Program-program pengembangan anggota AELI.

Selain itu pengurus juga berdiskusi mengenai pengembangan pariwisata di Bali khususnya yang berkaitan dengan EL Program yang disambut dengan sangat antusias oleh Ibu Dezire selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar.

Pembicaraan mengenai sertifikasi Fasilitator Experiential Learning/ Kepemanduan Outbound dan pelaksanaannya beberapa bulan lalu di Bali juga sangat diapresiasi oleh Ibu Dezire dan Bapak Made Sudira Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Kota Denpasar.

Peran DPD AELI Bali dalam respon bencana Gunung Agung juga menjadi hal yang diapresiasi karena menjadi bukti nyata peran EL Program dalam respon tanggap bencana.

Pada kesempatan yang baik ini, DPD AELI Bali juga menyampaikan undangan dan meminta Ibu Dezire dan Bapak Made Sudira untuk hadir dalam Pengukuhan Pengurus DPD Bali dan berbicara mengenai peran pemerintah terhadap pengembangan Industri dan Praktisi EL Program di Bali dan Denpasar pada khususnya.

AELI sebagai satu-satunya wadah bagi para Praktisi dan Provider EL Program di Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan kapasitas, kualitas dan profesionalitas EL Program di Indonesia. Upaya audiensi dan bekerjasama dengan pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan cara yang ditempuh oleh AELI untuk semakin memasyarakatkan dan meningkatkan kualitas EL Program di Indonesia.

Tags:
Belum ada komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Login

atau    

Lupa detail akun ?

Create Account