AELI menjadi Tim Ahli Penggunaan EL Program UKP PIP

AELI menjadi tim ahli dalam pembuatan kurikulum EL Program Pembinaan Ideologi Pancasila

Pancasila sebagai Nilai Luhur Bangsa Indonesia adalah dasar dan ideologi negara. Pemahaman dan pengamalan Pancasila diharapkan tidak hanya menjadi slogan namun menjadi pedoman dalam berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Pembentukan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) melalui Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2017 didasari oleh tujuan untuk membuat pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat mengakar dan menjadi pedoman kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Secara Umum Tugas dari UKP PIP adalah untuk merumuskan arah kebijakan umum Pembinaan Ideologi Pancasila dan melakukan kordinasi, sinkronisasi serta pengendalian Pembinaan Ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Sejak ide pembentukan UKP PIP dilontarkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, AELI melihat bahwa tujuan mulia dari Lembaga ini perlu didukung dengan penggunaan metode yang tepat agar Pembinaan Ideologi Pancasila tidak hanya menyasar tataran pengetahuan dan slogan saja tapi benar-benar dapat dipahami, dimaknai dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana yang dinyatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy salah satu bentuk konkrit dari kerja UKP PIP adalah merancang pengamalan dan penghayatan Pancasila untuk dilebur ke dalam kurikulum pendidikan.

Melihat hal ini, AELI merancang Experiential Learning Program (ELP) yang dapat mendukung kerja UKP PIP. AELI sudah beberapa kali menghadap Deputi UKP PIP untuk mendiskusikan rencana AELI untuk menggunakan EL Program dalam pelaksanaan program UKP PIP. Menanggapi hal ini, Deputi Bidang Pengkajian dan Materi UKP PIP Anas Saidi menyatakan bahwa penggunaan EL Program dalam Pembinaan Ideologi Pancasila merupakan ide yang baik namun perlu didukung oleh pelaksana yang kompeten di seluruh Indonesia. Menanggapi hal ini AELI menyatakan telah memiliki lebih dari 200 anggota Provider EL Program yang berada di 17 Provinsi di Indonesia sehingga mampu menjadi mitra bagi UKP PIP untuk melaksanakan EL Program dalam Pembinaan Ideologi Pancasila.

Diskusi mengenai penggunaan EL Program dalam Pembinaan Ideologi Pancasila berlanjut dengan pertemuan antara AELI yang diwakili oleh Ketua Umum Kresno Wiyoso, Wakil Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Heriyanto dan Penasehat  DPP AELI Robbie Seahan. Sedangkan dari UKP PIP diwakili oleh Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Silverius Yoseph Soeharso dan Tenaga Ahli UKP PIP Laksamana Dicky Yunianto dan Junimar. Berdasarkan pertemuan ini, beberapa poin yang dihasilkan antara lain:

1. Pembentukan Tim Experiential Learning Program untuk pelaksanaan Pembinaan Ideologi pancasila yang langsung dikordinir oleh Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Silverius Yoseph Soeharso dengan anggota Laksmana Dicky Yunianto, Junimar dan TIm Ahli dari AELI yang terdiri dari Kresno Wiyoso, Robbie Seahan, Gigih Gesang dan Heriyanto.

2. Tugas utama Tim EL Program UKP PIP ini adalah untuk merumuskan kurikulum EL Program untuk Pembinaan Ideologi Pancasila dan menseleksi Provider EL Program anggota AELI yang akan menjadi pelaksana EL Program untuk Pembinaan Ideologi Pancasila ini.

3. Tim EL Program UKP PIP akan melakukan pelaksanaan Pelatihan bagi Provider EL Program dan tenaga ahli yang akan menjadi pelaksana EL Program yang akan dilakukan.

Kepercayaan yang diberikan oleh UKP PIP kepada AELI untuk menjadi tenaga ahli penggunaan EL Program merupakan kesempatan yang AELI dapatkan berkat upaya terus menerus untuk mewujudkan Misi AELI dalam memasyarakatkan EL Program di Indonesia.

Kesempatan bagi anggota AELI untuk menjadi pelaksana EL Program Pembinaan Ideologi Pancasila di setiap daerah di Indonesia juga harus dimanfaatkan dengan baik oleh AELI dan seluruh anggota nya untuk meningkatkan kapasitas, kualitas dan profesionalitas agar dapat menjawab tantangan dan harapan dari UKP PIP untuk mensukseskan Pembinaan Ideologi Pancasila di Indonesia.

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Sekretariat Dewan Pengurus Pusat
Jalan Simpang Tiga Kalibata No. 01.A
Duren Tiga - Jakarta Selatan 12830 - INDONESIA
Telepon [62-21] 2208-3446

Login

atau    

Lupa detail akun ?

Create Account